MEMILIKI KHALIFAH REALISASI DALAM IBADAH

by -391 views

Beberapa instansi pemerintahan mulai memberikan perhatian kepada jama’ah / Khilafatul Muslimin, mulai dari Kalimantan, Lampung Timur, Jawa Tengah dan kali ini terjadi di Kabupaten Maros, Makasar. Melihat perkembangan Kekhalifahan kaum muslimin (Khilafatul Muslimin) yang akhir-akhir ini terlihat pesat dan mulai viral di media sosial maupun elektronik sehingga mendapat perhatian.

Malawa, Kamis, 01 Rabi’ul Akhir 1441 H (28/11/19), bertempat di kantor Camat Mallawa, Kel. Sabila, Kec. Malawa, Kab. Maros, Khilafatul Muslimin perwakilan Kemas’ulan Malawa pimpinan Ust. Usman Palaloi dan Kemas’ulan Barugae, Ust. Haris M mendapat undangan dari Kepala Badan Kesbangpol Maros pimpinan Drs.H.Rahmat Bustar.Z,SE.,S.Si.,MM.Apt.

Dalam acara ini hadir pula Kapten CTP. Muh. Ishang, Pasi Intel Kodim 1422 Maros, mewakili Dandim, Ipda Ahmad, Kanit Intelkam Res Maros, mewakili Kapolres Maros, H. Abdul Razak,SE Camat Mallawa, Iptu Makmur, Kapolsek Mallawa, Muhammad Saibi Sukure,SE, Kabid. Pengembangan dan Pendidikan Politik, Dra. Murniati, M.Si, Kabid Pengembangan Nilai-nilai Kesbang, Andi Firdaus, S.Ag, Kades Barugae.

Sementara perwakilan Khilafatul Muslimin adalah Ustadz Usman Palaloi selaku Mas’ul Mallawa, Ustadz Haris. M, Mas’ul Barugae, Hasbullah. M, Kaatib Ummul Quro Mallawa dan Jamaluddin, Baitul Maal Ummul Quro Mallawa.

Sebagai pembuka Camat Mallawa menyampaikan,  “Kunjungan Tim ini untuk mengetahui keberadaan jama’ah / Khilafatul Muslimin yang ada di Kec.Mallawa dan agar perwakilan Jama’ah / Khilafatul Muslimin dapat memberikan penjelasan kepada Tim tentang keberadaan jama’ah / Khilafatul Muslimin di Kec.Mallawa”.

Dari Kepala Badan Kesbangpol menyampaikan bahwa, “Kedatangan kami di Kecamatan Mallawa untuk melakukan silaturahmi terhadap Jamaah / Khilafatul Muslimin yang ada di Kec.Mallawa. Salah satu tugas dari Kesbangpol yaitu mengawasi seluruh kegiatan Organisasi masyarakat yang ada di Kabupaten Maros. Kami berharap bisa diantar ke lokasi untuk melihat tempat kerja. Agar kegiatan Khilafatul Muslimin ini yang rutin setiap bulan di sampaikan kepada aparat setempat supaya tidak menimbulkan kecurigaan di masyarakat”.

Sementara dari Pasi Intel Kodim menyampaikan, “Negara ini berdiri atas perjuangan sebagian para Ulama kita. Islam juga mengajarkan agar tidak saling bermusuhan. Kita berharap tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang sudah ada saat ini. Apapun kegiatan jama’ah / Khilafatul Muslimin di Kec.Mallawa agar disampaikan kepada pemerintah setempat. Harapan kami agar kita saling menghargai, jika kita melaksanakan suatu aktivitas atau kegiatan, apalagi yang sifatnya mengumpulkan massa agar tetap disampaikan ke aparat setempat, agar tidak timbul kecurigaan di masyarakat”.

Ipda Ahmad selaku Kanit Intelkam Res Maros juga memberikan sambutan, “Kami berharap agar kedepannya jika ada kegiatan Khilafatul Muslimin supaya menginformasikan ke aparat setempat, sehingga kami dapat mengawal dan memberikan pengamanan dari kegiatan tersebut”.

Dari Khilafatul Muslimin, Ustadz Haris. M selaku Mas’ul Ummah Barugae menyampaikan bahwa, “Kami dari jama’ah / Khilafatul Muslimin ingin menyampaikan bahwa arti dari pada Khilafah adalah pemimpin, pewaris atau Pelanjut. Bahwa negara ini dipimpin oleh seorang Presiden, sementara jama’ah / Khilafatul Muslimin ini adalah kepemimpinan ummat Islam global yang di pimpin oleh seorang Kholifah /Amirul Mukminin. Kenapa harus ada seorang Kholifah karena setelah kepimimpinan Rasulullah tidak ada lagi nabi, dan ummat ini di lanjutkan di pimpi oleh seorang Khalifah sebagaimana dalam keterangan hadits”.

“Sebagai orang beriman hanya ada dua kepimimpinan Islam yaitu Rasulullah dan ini hanya sampai nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasalam dan selanjutnya adalah Khalifah. Kami sebagai Warga Khilafatul Muslimin yang membawa misi rahmatan lil alamin mengakui bahwa pemimpin negara ini adalah Presiden, namun dalam merealisasikan ibadah kepada Allah bahwa pemimpin umat Islam adalah Khalifah / Amirul Mukminin sebagai Ulil Amri kami. Kami sebagai Petugas Jamaah / Khilafatul Muslimin selalu mengajak ummat muslim untuk selalu bersatu dan menjaga kerukunan antar umat beragama. Kami sangat senang dan bangga atas undangan ini, karena kami dapat memberikan penjelasan secara gamblang dan transparan kepada tim dan tidak menerima informasi dari sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan mengenai keberadaan kami”, kata mas’ul Barugae melanjutkan penjelasannya.

Ustadz Usman Palaloi selaku Mas’ul Ummah Mallawa menambahkan, “Kami di Khilafatul Muslimin ada agenda setiap Jumat, namanya kegiatan “Jumat Keliling” di masjid-masjid, tetapi kami tidak memaksakan dimasjid tersebut untuk berdakwah, kalau diperkenankan oleh pengurus kami sampaikan, tetapi kalau tidak kami juga tidak menyampaikan mengenai syi’ar islam dan apa itu Khilafatul Muslimin,  oleh karena itu dalam forum ini kami memberikan informasi ini untuk di ketahui”.

Tanggapan dari Kabid Pengembangan Nilai-nilai Kesbang, mengatakan bahwa, “Tugas kami di Kesbangpol adalah salah satunya mendaftarkan atau melaporkan keberadaan Organisasi Kemasyarakatan  yang ada di Kabupaten Maros”.

Sementara Kapolsek Mallawa menambahkan, “Bahwa kedepannya jika ada kegiatan Khilafatul Muslimin agar disampaikan ke Polsek agar kami bisa mengawal kegiatan Khilafatul Muslimin yang ada di Kecamatan Mallawa”, katanya sebagai bentuk dukungan.

Pukul 12.30 wita Tim melaksanakan Dhuhur secara berjama’ah selanjutnya menuju ke Lokasi Maktab Khilafatul Muslimin di Desa Barugae, Kec.Mallawa. Pukul 12.55 wita Tim tiba di Maktab Khilafatul Muslimin di Desa Barugae, Kec.Mallawa. Pukul 13.35 wita seluruh rangkaian giat berakhir dalam keadaan aman dan tertib.

Dakwah Khilafatul Muslimin telah sampai kepada aparat pemerintahan Kabupaten Maros, Makasar oleh perwakilan struktural Kekhalifahan Kemas’ulan Barugae dan Kemas’ulan Malawa secara terbuka, transparan dan gamblang sehingga mereka faham visi dan misi Khilafatul Muslimin yang rahmatan lil ‘alamin dan mendapat dukungan setiap kegiatan akan memberikan pengawalan. (red, Usman Palaloi, Makasar).