SEMARAK IEDUL ADHA DI LAPANGAN UNIVERSITAS KEKHALIFAHAN MARGODADI, LAMPUNG

Ummul Quro’ (UQ) Jati Agung dan UQ. Kampung Khilafah menyelenggarakan kegiatan sholat Iedul Adha tahun 1440H di halaman Al Jaami’ah ABAT (Universitas Kekhalifahan) di Margodadi Lampung, Ahad-10 Dzulhijjah 1440H.

Jamaah sholat Iedul Adha diramaikan oleh kaum muslimin diantaranya terdiri dari warga kekhalifahan di dua Ummul Quro, para pengurus pondok, santri dan mahasantri dari PPUI Margodadi dan Al Jaami’ah ABAT Margodadi Lampung.

Bertindak sebagai imam dan khotib adalah Ustadz Juhana Mukhlis (Murobbi PPUI Margodadi Lampung). Disampaikannya bahwa berqurban memiliki 2 dimensi yaitu dimensi vertikal sebagai wujud ketaqwaan kepada Allah. Allah SWT menjelaskan dalam Al Qur’an bahwa bukanlah daging dan darah yang sampai kepada Allah, tapi ketaqwaan dengan berqurbanlah yang akan sampai kepada Allah.

Lalu berqurban juga mengandung dimensi horizontal bahwa daging qurban yang disembelih oleh umat muslim hanya diberikan kepada umat yang memang membutuhkan, sebagai wujud kepedulian kepada sesama muslim dan umat manusia.

Dari laporan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Ummul Quro’ Jati Agung Ustadz Dede Supriyatna mengatakan bahwa tahun ini berhasil menghimpun hewan qurban sebanyak 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing. Kedepan kepanitiaan akan dibentuk kembali oleh masing-masing ummul quro pasca pemekaran beberapa waktu yang lalu. (Hermansyah, Margodadi).

Tags:

Related Posts